Friday, April 13, 2012

Balita Genius yang Punya IQ Hampir Menyamai Albert Einstein

[imagetag] A little bit special: Four-year-old Heidi Hankins has an IQ of 159, just one point below Stephen Hawking and Albert Einstein

A little bit special: Four-year-old Heidi Hankins has an IQ of 159, just one point below Stephen Hawking and Albert Einstein


Inggris, Sudah tidak diragukan lagi kecerdasan yang dimiliki oleh fisikawan Albert Einstein dan Stephen Hawking. Dua fisikawan hebat ini memiliki IQ (Intelligence Quotient) sangat tinggi. Namun di usia yang masih balita, seorang anak memiliki IQ yang hampir menyamaikan Einstein dan Hawking. Siapa dia?

Balita itu adalah Heidi Hankins (4 tahun). Pada usia 2 tahun, Heidi sudah pandai berhitung, menggambar orang, membaca puisi dan membaca buku yang seharusnya diberikan pada anak usia 7 tahun.

Sekarang di usia 4 tahun yang tergolong masih balita, Heidi memiliki tingkat kecerdasaran atau IQ sebesar 159, hanya satu angka di bawah IQ yang dimiliki Albert Einstein dan Stephen Hawking yaitu 160.

Heidi Hankins pun kini menjadi salah satu anggota termuda Mensa, organisasi dunia untuk orang-orang yang mempunyai IQ tinggi.

Ayahnya Dr Matthew Hankins (47 tahun) adalah seorang dosen di University of Southampton dan ibunya Sophy (43 tahun) seorang seniman. Kedua orangtua berharap putrinya dapat melewati tahun ajaran yang sudah dimulai sejak bulan September.

"Kami selalu berpikir Heidi sangat cerdas karena dia sudah membaca sejak kecil. Saya ingin tahu tentang IQ-nya. Saya memberinya sepaket buku Oxford Reading Tree saat ia berusia 2 tahun dan ia membacanya dalam waktu 1 jam. Itu yang seharusnya Anda harapkan pada anak usia 7 tahun," ujar ayahnya Dr Matthew, yang berasal dari Winchester, Hampshire, Inggris, seperti dilansir Dailymail, Jumat (13/4/2012).

Menurut Dr Matthew, Heidi sudah membuat suara-suara dan mencoba untuk berbicara secara jelas sejak ia dilahirkan dan pada usia 1 tahun kosakatanya sudah cukup baik.

"Ia menggunakan kalimat lengkap segera setelah ia mulai berbicara," lanjut ayahnya.

Heidi pun sudah bisa menggambar putri dan binatang pada usia 14 bulan, usia ketika kebanyakan anak hanya bisa mencoret-coret kertas. Pada usia 18 bulan, keluarganya pun mengajarkannya untuk membaca.

Secara fisik, Heidi pun lebih tinggi dari teman-teman sekelasnya. Tinggi badannya sekarang 116 cm, hampir mendekati tinggi anak usia 6 tahun.

"Heidi benar-benar berkembang lebih cepat daripada anak-anak lain secara akademis, artistik dan fisik. Kami tidak mendorong Heidi sama sekali. Dia telah menguasai semuanya sendiri dan mengajarkan dirinya sendiri," tutur Dr Matthew.

Menurut orangtuanya, Heidi tidak dewasa sebelum waktunya. Ia hanyalah gadis kecil yang suka Barbie dan Lego, tetapi kemudian Anda akan menemukannya sedang duduk dan membaca buku.

Skor IQ dewasa rata-rata adalah 100, sementara orang yang 'berbakat' akan memiliki skor IQ 130.

"Orangtua Heidi mengidentifikasi dengan benar bahwa Heidi menunjukkan potensi besar," jelas John Stevenage, kepala eksekutif British Mensa.


[imagetag] German-born American physicist Albert Einstein [imagetag] Professor Stephen Hawking [imagetag] Dim by comparison: TV mathematician Carol Vorderman IQ is 'only' 154

Good company: (L-R) legendary physicist Albert Einstein and Professor Stephen Hawking both have IQs only one point higher than Heidi ay 160 while TV mathematician Carol Vorderman's is 'only' 154

www.menjelma.com 14 Apr, 2012

No comments:

Post a Comment